Kunci Ajian Dasendriya

Kunci Ajian Dasendriya
Sebelum kita membicarakan tentang Kunci Ajian Dasendriya, maka kita pahami terlebih dahulu untuk melakukan pembersihan diri dengan ber-Karana Sarira (Suskma Sarira yang sudah terurai bersih). Karana Sarira; Manomaya Kosha adalah lapisan diri kita yang tersusun dari pikiran, perasaan dan tindakan. Pikiran haruslah bersih, sikap mestilah penuh welas asih, dan kebaikan harus selalu dalam keadaan tanpa pamrih. Karena itu, untuk bisa mencapai Swargaloka, siapapun harus terlebih dulu membersihkan diri, caranya dengan melakukan Suksma Sarira; yaitu membersihkan keinginan, hawa nafsu, dan emosi yang negatif.
Selain itu, seseorang juga harus melakukan Triantah Karana, yaitu mengendalikan Buddhi (hati, naluri), Manah (akal pikiran) dan Ahamkara (rasa keakuan diri). Dengan bisa melakukan minimal beberapa hal di atas (Karana Sarira, Suksma Sarira, Triantah Karana), seseorang akan bisa menguasai ilmu yang sangat hebat, yaitu Dasendriya.

Mengapa bisa begitu? Sebab dengan ber-Karana Sarira, Suksma Sarira dan Triantah Karana, seseorang baru akan bisa mengendalikan Panca Buddhindria dan Panca Karmendria-nya. Keduanya itu adalah syarat utama dalam meraih pencerahan. Adapun di antaranya sebagai berikut:
1. Panca Bunddhindria
Dalam hal ini adalah mengendalikan kelima indera perasa, yaitu: Caksundria (rangsang penglihatan; indera pada mata), Srotendria (rangsang pendengar; indera pada telinga), Ghranendria (rangsang penciuman; indera pada hidung), Jihwandria (rangsang pengecap, indera pada lidah) dan Twakindra (rangsang peraba; indera pada kulit).
2. Panca Karmendria
Dalam hal ini adalah mengendalikan kelima indera penggerak, yaitu: Garbendria (pengerak pada mulut), Panindra (penggerak pada tangan), Padendria (penggerak pada kaki), Payundria (penggerak pada organ pelepasan) dan Upasthendria (penggerak pada alat kelamin).

Jika disatukan, kedua bagian itulah yang disebut dengan Dasendriya, atau 10 indera pada diri manusia. Yang ketika seseorang mampu mengendalikannya, maka itu berarti ia sudah menguasai ilmu tingkat tinggi yang bernama Dasendriya. Dengan menguasai ilmu ini, artinya terbukalah jalan lurus menuju pencerahan hidup. Dampaknya adalah bahwa seseorang akan mampu membawa kebaikan dalam hidup pribadinya dan juga orang-orang disekitarnya. Kedamaian akan tercipta, keadilan akan terpenuhi dan kesejahteraan akan menemami peradaban. Inilah hal yang terpenting dalam kehidupan dunia ini.  Kunci Ajian Dasendriya hampir tidak mungkin dikuasai oleh seseorang karena beratnya latihan yang harus dilalui. Ia pun harus menyepi di tempat sepi (hutan, gunung) selama waktu yang lama untuk berlatih keras dan bertahap. Satu hal yang hampir tidak mungkin di lakukan oleh orang yang hidup di zaman sekarang. Untuk itu, hal yang lebih penting di tengah keadaan dunia yang sudah kian morat-marit saat ini adalah ilmu yang bisa mengasah kemuliaan dirinya. Dengan ilmu itu siapapun akan menjalani hidup secara baik dan penuh manfaat.

Kunci Ajian Dasendriya dalam bentuk yang lain, yang tentu akan berguna bagi yang mau mengamalkannya. Tidak terbatas untuk satu atau dua golongan saja, tetapi ini bersifat universal. Terlebih memang apa yang diuraikan dalam ilmu Dasendriya di atas juga merupakan hal-hal yang wajib dipenuhi seseorang untuk bisa menguasai ajian Dasendriya. Untuk itulah ajian Dasendriya ini juga sering disebut ajian kadigdayan yang bisa menguasai 10 indera. Dengan penguasaan diri pada 10 indera itu, ditambah dengan beberapa mantra dan latihan khusus, seseorang akan mampu menirukan setiap jurus dan kesaktian orang lain. Sehingga bisa dikatakan pula bahwa uraian tentang Kunci Ajian Dasendriya di atas juga merupakan bagian yang harus dikuasai oleh siapa pun yang ingin menguasai ajian Dasendriya. Memang tidak mudah, karena itulah ajian Dasendriya ini termasuk dalam ilmu tingkat tertinggi.

Mantra Ajian Dasendriya
Berikut mantra aji dasendriya milik prabu anglingdharma :  
"Hong sanghyaning pangroso, pancipto, mijil ono sejatining jiwo,.....dsb"
Mantra Ajian Dasendriya cukup dibaca maka dengan niat tersebut seseorang akan menjadi waskita bisa melihat sesuatu hal yang akan terjadi, baik menirukan jurus seseorang, menirukan kesaktian seseorang, bahkan bisa mengetahui kelemahan lawan, apa yang akan dilakukannya, maka dengan itu bisa mengalahkan lawannya. Kunci Ajian Dasendriya memang suatu keilmuan tingkat tinggi yang banyak diidamkan oleh seseorang terutama praktisi spiritual, namun untuk mendapati ajian ini hanya akan bisa dikuasai bila seseorang terlatih mengasah kemampuan 10 inderanya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda dan mengetahui bagaimana prosesi ajian disendriya. Jadi jangan mudah percaya dengan paranormal yang konon bisa mengijazahkan terkait ajian dasendriya, percuma jika hanya mendapati amalan atau sekedar membayar mahar untuk memiliki mantra saja. Untuk memiliki Kunci Ajian Dasendriya butuh latihan keras dengan penuh welas asih.

dari berbagai sumber