Kunci Guru Panuntun

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai Kunci Guru Panuntun. Mungkin teman-teman bertanya-tanya atau lebih mengetahui apa itu Kunci Guru Panuntun. Banyak orang mencari sosok seorang guru panuntun, namun itu susah ditemui. Karena sosok guru harus menjadi suri tauladan sebab wajib jadi panutan muridnya bukan sekedar nuntun memberi ilmu tapi dia sendiri nol besar. Istilahnya JARKONI yang artinya iso ngajar ra iso ngelakoni. Sekarang ini banyak guru-guru spiritual yang termasuk aliran JARKONI tersebut. Jika gurunya penipu pasti muridnya jadi penipu, jika gurunya main sabu-sabu masak muridnya tidak ikut nyabu! Jika gurunya ngaku nabi palsu masak muridnya tidak ngaku dirinya ini itu, dsb. Inilah fakta yang terjadi, guru harusnya digugu dan ditiru, bukan guru yang wagu tur saru! Baik buruknya tentu dicontoh muridnya, jika ilmu yang diajarkan cacat pasti cacat juga penggunaannya.
Kunci Guru Panuntun merupakan bagaimana sobat mencari guru yang bisa menuntun secara moril dan spirituil perjalanan sobat. Bukan tertarik sekedar iklan program jadi dukun, program jadi parahnormal instan dengan embel-embel diisi/ditransfer/dll langsung sakti mandraguna yang akhirnya justru anda sesali sebab untuk pembuktian ilmunya ternyata main trik sulap, sungguh apes diri sobat! Udah bayar mahal-mahal ternyata diberi buku yang berisi mantra jiplakan/ copas sana kemari, panduan setebal 1001 halaman yang bikin pusing pala, alhasil jadilah parahnormal bukan paranormal!
Kunci Guru Panuntun bisa sobat dapati dengan jalinan silaturahmi, kemudian sobat bisa menilai apakah guru tersebut hanya mementingkan materi semata, main aksi sangar terlihat serem dengan atribut yang aneh-aneh, atau guru tersebut low profile dan apa adanya, atau pamer atraksi sulapnya yang bikin menarik, dsb. Hal tersebut tentu pilihan ada pada diri sobat, kira-kira mana yang layak jadi guru panuntun sobat itu sendiri. Kunci Guru Panuntun sebenarnya sebuah kaweruh bagaimana kelayakan seorang guru penuntun atau pembimbing yang tentu mengarahkan kebaikan dan menunjukan kebenaran langkah sobat untuk lebih baik  yakni secara hablum minallah dan hablum minannas. Guru panuntun tentunya akan mengajarkan dan mengarahkan hubungan kita dengan Allah (Hablum minallah) dan hubungan kita dengan sesama manusia (Hablum minannas) dan tentunya dirinya sendiri sebagai panutan utama yang pertama bukan sekedar kata-kata. Jika mengaku guru spiritual berkoar-koar mengajarkan kebaikan tapi kelakuannya sendiri tidak bisa dicontoh itu sampah. Ribuan orang bisa dijadikan guru jika cuma omdo "omong doang", bergaya layaknya waliyullah, bahasa dibuat-buat, tapi sepandai-pandainya main sandiwara pasti juga ketahuan belangnya! Karena banyak orang mudah dibodohi sebab memang bodoh, dikibulin guru spiritual palsu mau juga, dengan dalih kena santet, mau kaya tanpa susah payah, dsb. Alasan dana sodakoh untuk nyumbang buat kepentingan ibadah padahal masuk kantong sendiri, sungguh TERLALU kata Bang Roma.
Semoga adanya posting ini, sobat tidak mudah terjebak aksi guru spiritual penipu, baik yang menyodorkan bimbingan gratis dengan tampilan ribuan mantra dan doa, tapi sebenarnya sobat tidak butuh itu! Buat apa ribuan mantra jika untuk koleksi semata, nuat apa ribuan doa tidak diamalkanya, lebih baik menguasai intisari seribu mantra atau doa yang justru bermanfaat dunia wal akhirat. Puncak spiritual bukan karena ribuan doa mantra tapi tahapan pemahaman dan mengaplikasikannya dalam kehidupan ini.